Monday, January 31, 2011

Lilin

 
Lilin atau wax merupakan ester asam lemak dengan monohidroksi alkohol yang mempunyai rantai karbon panjang, antara 14 sampai 34 atom karbon. Sebagai contoh alkohol panjang adalah setilalkohol dan mirisilalkohol

CH3 - (CH2)14 - CH2OH CH3 - (CH2)28 - CH2OH
setilalkohol mirisilalkohol

Lilin dapat diperoleh antara lain dari lebah madu dan dari ikan paus atau lumba-lumba. Lilin lebah dikeluarkan oleh lebah madu untuk membentuk sarang tempat mnyimpan madu. Lilin lebah adalah campuran beberapa senyawa, terutama mirisilpalmitat.
CH3 - (CH2)14 - C - OCH2(CH2)28 CH3

O
mirisilpalmitat

Lilin yang terdapat pada bagian kepala ikan paus atau lumba-lumba disebut spermaseti yang sebagian besar terdiri atas setilpalmitat. Dahulu spermaseti ini digunakan sebagai lilin untuk penerangan.
CH3 - (CH2)14 - C - OCH2(CH2)14 CH3

O
setilpalmitat

Lilin tidak larut dalam air, akan tetapi larut dalam pelarut lemak. Oleh karena itu lilin yang terdapat pada tumbuhan berfungsi sebagai lapisan pelindung terhadap air, misalnya yang terdapat pada daun dan buah. Demikian pula lilin memegang peran penting sebagai penahan air pada binatang, misalnya domba, burung dan serangga. Lilin tidak mudah terhidrolisis seperti lemak dan tidak dapat diuraikan oleh enzim yang menguraikan lemak. Oleh karenanya lilin tidak berfungsi sebagai bahan makanan.

No comments:

Post a Comment